Welcome!

we provide some summary of knowledge, especially in the subject matter of socials. enjoying please ;;)

check this site : http://putricaantika.wordpress.com/

My Avogadro class

My Avogadro class

KUMPULAN SOAL-SOAL STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA KELAS X TAHUN AJARAN 2010-2011

Tuesday, May 10, 2011

Standar Kompetensi (SK) 1 : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara langsung.

Kompetensi Dasar 1 : Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)

Contoh soal :

Usaha Kecil Menengah (UKM) di DIY sudah mulai Kreatif dan Inovatif. Hal itu terbukti saat krisis global masing-masing UKM masih terasa eksis dibidangnya masing-masing. UKM di DIY dapat memanfaatkan bahan baku limbah di sekitar mereka untuk dibuat parcel. Mereka juga memasarkan sendiri produknya yaitu dengan cara mendatangi turis di hotel-hotel. Namun, semua itu perlu terus dikembangkan supaya bisa menghasilkan produk-produk yang berdaya saing tinggi.

1. Tanggapan yang tepat pada kutipan berita di atas adalah ….

a. UKM di DIY memiliki kreatif karena mereka telah mendapatkan pelatihan secara optimal.

b. Industri rumahan di DIY dapat tetap bertahan pada era globalisasi seperti sekarang ini.

c. Hasil kerajinan yang dihasilkan harus memiliki daya tarik bagi wisatawan mancanegara.

d. Industri kecil di DIY perlu dikembangkan agar produk-produknya memiliki daya saing yang tinggi.

e. Pemerintah menjadi fasilitator dalam perkembangan industri kecil dan menengah di DIY.

Kompetensi Dasar 2 : Mengidentifikasi unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik) suatu cerita yang disampaikan secara langsung/ melalui rekaman.

Contoh soal :

Tiba-tiba seorang laki-laki masuk ke sebuah rumah. Dengan nafas yang terengah-engah, ia langsung menuju kamar. Namun, di kamar tidak ada siapa-siapa. Ia lari ke dapur, tetapi di dapur juga sepi. Ia berlari kesamping rumah dan berteriak-teriak memanggil istrinya. Tiada sahutan. Ia kembali ke kamar dengan muka berang. Pintu pakaian dibanting. Tangannya gemetar. Ia buka pintu lemari, ia keluarkan semua pakaian dan dilemparkannya ke lantai sehingga kamar itu berantakan. Namun pakaian istrinya menghilang. Tinggal helaian pakaian-pakaian lusuhnya sendiri yang kini tergeletak dilantai. Ia sadar, istrinya telah pergi meninggalkannya. Ia menyesal karena kemarahannya membuat semua menjadi terlambat.

2. Latar tempat pada cerita di atas adalah ....


  1. Kamar
  2. Samping rumah
  3. Dapur
  4. Lantai

e. Rumah


3. Nilai yang terkandung dalam kutipan cerita tersebut adalah ….

a. Nilai Politik

b. Nilai Agama

c. Nilai Moral

d. Nilai Seni Budaya

e. Nilai Estetika

Standar Kompetensi (SK) 2 : Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi melalui kegiatan berkenalan, berdiskusi, dan bercerita.

Kompetensi Dasar 3 : Memperkenalkan diri dan orang lain di dalam forum resmi dengan intonasi yang tepat.

Contoh soal :

4. Kalimat berikut yang merupakan pernyataan memperkenalkan diri yang benar dalam sebuah diskusi adalah ….

a. Bapak, Ibu, dan hadirin yang kami hormati.

Sebelum diskusi yang membahas masalah “Strategi Mengembangkan industri Rumah Tangga” ini kita mulai, terlebih dahulu akan saya perkenalkan pembicara dalam diskusi ini . . . .

b. Para hadirin yang berbahagia.

Pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang memang ada benarnya. Agar terjadi komunikasi yang lancer antara pemakalah dan peserta seminar ini, perlu hadirin ketahui bahwa pembicara seminar ini bernama Bapak Hasan Amirullah dan Ibu Cindi Anggraeni . . . . .

c. Bapak, Ibu, dan tamu undangan yang berbahagia

Pertama-tama perlu saya perkenalkan kepada hadirin bahwa pembicara dalam diskusi ini ada dua pakar, yaitu Bapak Lemingkung Samosir dan Ibu Vonny Sumiang.

d. Bapak, Ibu, dan Peserta diskusi yang berbahagia.

Sebelum membawakan materi dalam acara diskusi ini, terlebih dahulu saya akan memperkenalkan diri. Nama saya Aminuddin Hasibuan . . . .

e. Bapak, Ibu , dan peserta diskusi yang terhormat.

Sangatlah tidak tepat jika sebelum diskusi ini dimulai tidak saya perkenalkan pembicara diskusi dalam forum ini. Untuk itu, kami perkenalkan kepada Bapak dan Ibu bahwa pembicara diskusi ini adalah Ibu Dr. Sri Pangestu Utami dan Bapak Drs. Dede Istijab, M.Pd. Beliau berdua adalah . . . . .

Kompetensi Dasar 4 : Mendiskusikan masalah (yang ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)

Contoh soal :

Hal yang perlu diperhatikan apabila terjadi musim kemarau panjang dan mengakibatkan rumput purun tikus mengalami kekeringan dan mati. Pada awal musim hujan, serangga akan menyebar ke areal di luar rumput purun tikus, termasuk areal yang diperuntukkan tanaman padi. Hal ini harus diantisipasi dengan taktik pengendalian lain, terutama gerakan pengumpulan kelompok telur di persemaian padi secara awal (sebelum telur menetas) dan berkala. Selanjutnya, kelompok telur dimasukkan dalam bumbung bambu untuk dikonservasi parasitoidnya. Bumbung-bumbung bambu diletakkan tersebar di areal peruntukan tanaman padi.

5. Kutipan artikel tersebut membahas masalah tentang …..

a. antisipasi penyebaran serangga

b. upaya konservasi tanaman liar

c. bahaya hama tikus pada musim kemarau

d. teknik membasmi serangga dan tikus

e. cara memelihara tanaman pada musim kemarau.

Kompetensi Dasar 5 : Menceritakan Berbagai pengalaman dengan pilihan kata dan ekspresi yang tepat.

Contoh soal :

Teriknya matahari membakar semua yang ada. Hari ini terasa berat bagiku. Setelah seharian berkutat dengan buku pelajaran aku ingin segera sampai di rumah. Aku percepat laju sepedaku agar cepat tiba di rumah, membuka kulkas, dan minum air dingin. Wah, pasti segar sekali. Karena sibuk membayangkan air dingin, aku tidak melihat ada pengendara sepeda motor yang lain. Saat akan berbelok, aku melihat sepeda motor dengan kecepatan tinggi menuju ke arahku. Dan cit…cit…. aku tak kuasa lagi mengerem sepedaku. Aku kehilangan keseimbangan dan byur…. Aku dan sepedaku terjun ke sungai di tepi jalan. Waduh, baunya minta ampun. Mana banyak sampah di dalam sungai itu. wah, sama saja jatuh di atas sampah berair, bau…. bau….

6. Pengalaman tersebut dibaca dengan ekspresi ….

a. jengkel

b. senang

c. haru

d. takut

e. santai

Standar Kompetensi (SK) 3 : Memahami berbagai teks becaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca.

Kompetensi Dasar 6 : Menemukan ide pokok berbagai teks nonsastra dengan teknik membaca cepat (250 kata/menit).

Contoh soal :

Penggunaan pestisida dan pupuk kimia untuk tanaman dalam jangka waktu lama, tidak lagi menyuburkan tanaman dan memberantas hama. Pestisida justru dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras sehingga perlu pengolahan dengan biaya yang tinggi. Oleh sebab itu, hindarilah pengguanaan pestisida secara berlebihan.

7. Ide pokok pada bacaan paragraf di atas adalah ….

  1. Penggunaan pestisida membahayakan lingkungan
  2. Biaya pengolahan yang lebih mahal akibat tanah yang menjadi keras
  3. Penggunaan pupuk kimia tidak tidak lagi memberantas hama

d. Hindari penggunaan pestisida dan pupuk kimia secara berlebihan

e. Pestisida dapat mencemari lingkungan dan menjadikan tanah lebih keras

Kompetensi Dasar 7 : Mengidentifikasi ide teks nonsastra dari berbagai sumber melalui teknik membaca ekstensif.

Contoh soal :

Kebutuhan hidup sehari-hari setiap keluarga dalam masyarakat tidaklah sama. Hal ini sangat tergantung dari besarnya penghasilan setiap keluarga. Keluarga yang berpenghasilan rendah, kebutuhan pokoknya sulit terpenuhi. Lain halnya dengan yang berpenghasilan tinggi. Mereka dapat menyumbangkan sebagian penghasilannya untuk pembangunan tempat-tempat beribadah atau untuk kegiatan sosial lainnya. Pada umunya tempat-tempat ibadah ini dibangun gotong royong dan sangat mengandalkan sumbangan para dermawan. Perbedaan penghasilan yang besar dalam masyarakat telah menimbulkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin.

8. Ide pokok paragraf di atas adalah ….

a. Perbedaan penghasilan si kaya dan si miskin

b. Kebutuhan pokok keluarga pada umumnya

c. Penghasilan suatu keluarga

d. Pembangunan tempat-tempat sosial

e. Pembangunan sarana ibadah

Standar Kompetensi (SK) 4 : Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)

Kompetensi Dasar 8 : Menulis gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu dan tempat dalam bentuk paragraf naratif.

Contoh soal :

Hari masih pagi ketika rombongan kesenian kami tiba di Majalengka dengan mengendarai bus. Pada suatu ketika rombongan kami ingin mengikuti festival Kesenian Kuda Renggong di Majalengka. Kuda Renggong mulai berdatangan. Festival kuda Renggong setingkat provinsi ini merupakan yang pertama di Majalengka. Acara pun dimulai, satu per satu rombongan menampilkan kesenian Kuda Renggong. Setiap rombongan menampilkan cirri khasnya masing-masing. Giliran rombongan kami untuk tampil pun tiba. Kami bersiao-siap dan akan menampilkan tarian Kuda Renggong yang terbaik.

9. Paragraf narasi di atas diceritakan dengan menggunakan urutan ….


a. waktu dan suasana

b. waktu dan tempat

c. suasana dan tempat

d. masalah dan tempat

e. tokoh dan masalah


Kompetensi Dasar 9 : Menulis hasil observasi dalam bentuk paragraf deskriptif.

Contoh soal :

Dari pagi hingga malam hari di kawasan pantai ini terlihat dinamika kehidupan wisatawan. Pada pagi hari wisatawan dapat menghirup udara segar, sekedar berjalan-jalan atau mencari sarapan. Pada siang hari banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang menikmati panorama alam sembari berjemur, bermain pasir atau berenang di pantai. Kemudian, pada sore hari jumlah wisatawan semakin meningkat karena ingin menyaksikan panorama tenggelamnya matahari.

10. Pengembangan paragraf deskripsi di atas merupakan hasil pengamatan terhadap ….

a. letak pantai kuta

b. fasilitas yang disediakan

c. keadaan pantai kuta

d. keindahan pantai kuta

e. masyarakat pantai kuta

Kompetensi Dasar 10 : Menulis gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif.

Contoh soal :

Menurut Disick, apresiasi dibagi menjadi empat tingkatan, yaitu tingkat menggemari, tingkat menikmati, tingkat mereaksi, dan tingkat produktif. Jika seseorang baru sampai ke tingkat menggemari, berarti keterlibatan batinnya belum kuat. Jika ada puisi, ia akan senang membacanya. Pada tingkat menikmati, keterlibatan batin pembaca terhadap puisi sudah semakin mendalam. Pembaca akan ikut merasakan hal yang digambarkan dalam puisi ketika membacanya. Pada tingkat mereaksi, sikap kritis terhadap puisi lebih menonjol karena ia telah mampu menilai baik dan buruknya suatu puisi. Pada tingkat produktif, apresiator puisi mampu menghasilkan, mengkritik, mendeklamasikan, atau membuat resensi terhadap puisi secara tertulis.

11. Gagasan pokok karangan eksposisi di atas adalah …..

a. Tingkat apresiasi yang harus dikuasai penyair.

b. Tingkatan apresiasi menurut Disick.

c. Apresiator harus mampu menghasilkan dan mengkritik sebuah puisi.

d. Keterlibatan unsure batin dalam proses apresiasi.

e. Apresiasi menurut Disick meliputi menggemari dan menikmati.

Standar Kompetensi (SK) 5 : Memahami puisi yang disampaikan secara langsung/tidak langsung

Kompetensi Dasar 11 : Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman.

Contoh soal :

Jalan Segera

Disinilah penembakan

Kepengecutan dilakukan

Ketika pawai bergerak

Dalam panas matahari

Dan pelor membayar pajak

Negeri ini

Ditembus ke punggung

Anak-anaknya sendiri

(Taufiq Ismail)

12. Tema yang tersirat dalam puisi di atas adalah ….

a. Peristiwa penembakan para demonstran

b. Perjuangan para demonstran

c. Perjuangan menentang penjajah

d. Perjuangan orde baru

e. Kepincangan sosial

Kompetensi Dasar 12 : Mengungkapkan isi suatu puisi yang disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman.

Contoh soal :

Jaring-Jaring

Kali ini

Nelayan menebar jarring di laut

Menangkap ikan

Kali ini

Tuhan menebar jaring maut

Menangkap insan

Piek Ardijanto

13. Isi puisi di atas adalah …..

a. Manusia adalah makhluk kecil di hadapan Tuhan.

b. Tuhan memiliki kekuatan untuk mencabut nyawa manusia

c. Tuhan memiliki kepiawaian dalam menangkap ikan

d. Manusia mampu menentukan nasibnya sendiri

e. Manusia memiliki keterbatasan di hadapan Tuhan

Standar Kompetensi (SK) 6 : Membahas cerita pendek melalui kegiatan diskusi

Kompetensi Dasar 13 : Mengemukakan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita pendek melalui kegiatan diskusi.

Contoh soal :

Rapika dan mertuanya tidak pernah keluar rumah. Sekalian orang yang datang bertandang sudah mengetahui bahwa mereka tak usah lagi mengetuk pintu atau berseru-seru di beranda muka, melainkan bolehlah terus kebelakang saja buat menemui orang rumah.

14. Hal yang menarik dalam kutipan cerpen tersebut adalah …..

a. Kebiasaan tokohnya yang bersifat terbuka kepada tamu

b. Hubungan harmonis seorang anak dengan mertuanya

c. Ketadaan suami ketika seorang istri berada di rumah

d. Kesederhanaan kehidupan sebuah keluarga

e. Kondisi rumah tangga yang tampak harmonis

Kompetensi Dasar 14 : Menemukan nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan diskusi.

Contoh soal :

Tiba-tiba ia bangkit. “Demi Tuhan!”, ia berseru. “Celakalah yang menyiakan waktu!” Ia ingat. Meski berbuat sesuatu. Berbaring bermalasan bukan pekerjaan muslim yang baik. Ia sudah mendengar kabar, orang kampong sedang mendirikan surau baru. Banyak orang telah menyediakan bahan. Telah terkumpul kayu, genting, kapur. Anak-anak madrasah mencari batu dan pasir ke sungai. Pantaskah baginya, muslim batu dan pasir ke sungai. Pantaskah baginya, muslim seumur hidup untuk bermalasan? Tidak. Berbaktilah kamu di jalan Tuhan dengan harta dan jiwamu! Ia gelisah.

Dikutip dari : “Sepotong kayu untuk Tuhan” dalam Dilarang Mencintai Bunga-Bunga, Kuntowijoyo, 1996, Pustaka Firdaus.

15. Nilai kehidupan yang terdapat pada kutipan cerpen tersebut yaitu nilai ….


a. Sosial

b. Budaya

c. Agama

d. Ekonomi

e. Estetika


Standar Kompetensi (SK) 7 : Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan cerpen.

Kompetensi Dasar 15 : Membacakan puisi dengan lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat.

Contoh soal :

Surat dari Ibu

Oleh Asrul Sani

Pergi ke dunia luas anakku sayang

Pergi ke hidup bebas!

Selama angina masih angin buritan

Dan matahari masih menyinar daun-daunan

Dalam rimba dan padang hijau

16. Tanda pada kutipan puisi di atas adalah ….

a. Tanda tekanan intonasi datar

b. Tanda tekanan intonasi naik

c. Tanda jeda pengganti koma

d. Tanda tekanan intonasi turun

e. Tanda untuk tekanan keras

Kompetensi Dasar 16 : Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari.

Contoh soal :

Malin sabar menghadapi sakit giginya. Sudah banyak obat-obatan umum yang dijual orang di pasar dipakainya juga, tetapi tiada yang menolong. Malin sampai mengomel kesal karena sakitnya yang menekan setiap di malam hari.

17. Keterkaitan kutipan cerpen tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah ….

a. Hampir setiap orang yang sakit gigi mencoba banyak obat, akan tetapi jarang yang berhasil.

b. setiap orang yang sakit gigi harusnya pergi ke dokter.

c. jangan minum obat-obatan sembarangan bila sedang sakit gigi.

d. sakit gigi bisa saja terjadi karna gigi berlubang, mungkin si penderita malas

menggosok gigi.

e. sebaiknya orang yang sakit gigi mencoba berobat ke dukun.

Standar Kompetensi (SK) 8 : Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui kegiatan menulis puisi.

Kompetensi Dasar 17 : Menulis puisi lama dengan memperhatikan bait, irama dan rima.

Contoh soal :

Kepada dirinya ia aniaya

Orang itu jangan engkau percaya

Lidah suka membenarkan dirinya

Daripada yang lain dapat kesalahannya

18. Puisi lama tersebut tergolong jenis ….


a. karmina

b. seloka

c. gurindam.

d. pantun

e. syair


Kompetensi Dasar 18 : Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama dan rima.

Contoh soal :

Tubuh biru

Tatapan mata biru

Lelaki terguling di jalan

Lewat gardu Belanda dengan bumi

Berlindung warna malam

Sendiri masuk kota

Ingin ikut ngubur ibunya

19. Puisi tersebut dibaca dengan …


a. semangat

b. santai

c. pilu

d. riang

e. emosi


Standar Kompetensi (SK) 9 : Memahami informasi melalui tuturan.

Kompetensi Dasar 19 : Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung.

Contoh soal :

Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan ada tiga solusi untuk mengatasi permasalahan transportasi khususnya di Jakarta. Tiga solusi itu terkait dengan reformasi transportasi massa. Reformasi transportasi massa itu terkait dengan manajemen pengguna transportasi, pengembangan transportasi yang berorientasi pada jaringan angkutan umum massal, serta pengawasan hukum. Oleh karena itu, tidak single solution lagi untuk masalah transportasi, sehingga perlu adanya reformasi besar-besaran.

20. Kesimpulan informasi di atas adalah ….

a. perlu adanya reformasi transportasi massa besar-besaran khususnya di Jakarta.

b. tidak single solution lagi untuk masalah transportasi.

c. Reformasi transportasi massa itu terkait dengan manajemen pengguna transportasi, pengembangan transportasi yang berorientasi pada jaringan angkutan umum massal, serta pengawasan hukum

d. Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyatakan ada tiga solusi untuk mengatasi permasalahan transportasi

e. Tiga solusi itu terkait dengan reformasi transportasi massa.


Kompetensi Dasar 20 : Menyimpulkan isi informasi yang disampaikan melalui tuturan tidak langsung (rekaman atau teks yang dibacakan).

Contoh soal :

Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (Badan POM), Sampurno, menjamin mi basah dan tahu yang diproduksi dan dijual bebas di empat belas daerah yang telah dipantau Badan POM, bebas formalin sehingga aman dikonsumsi. Badan POM juga memastikan, tidak ada lagi penjualan formalin untuk pengawetan bahan makanan secara bebas di pasaran.

21. Informasi yang terkandung dalam kutipan di atas adalah ….

a. Empat belas daerah di Indonesia menjual formalin secara bebas.

b. Kepala Badan POM menjamin mi basah dan tahu saat ini aman dikonsumsi.

c. Formalin untuk pengawet bahan makanan sudah tidak dijual bebas di pasaran.

d. Penjualan formalin untuk pengawet makanan harus mendapat izin Badan POM.

e. Mi basah dan tahu di empat belas daerah dinyatakan bebas formalin.

Standar Kompetensi (SK) 10 : Mengungkapkan komentar terhadap informasi dari berbagai sumber.

Kompetensi Dasar 21 : Memberikan kritik terhadap informasi dari media cetak dan atau elektronik.

Contoh soal :

Perundingan antara manajemen PT Citra Serayu Mas (CSM) dan buruh, kemarin sore, menghasilkan dua pilihan. Pertama, buruh pindah ke PT CSM di Sulawesi. Kedua, buruh tidak pindah tetapi konsekuensinya mengundurkan diri.

Akan tetapi, buruh belum sepenuhnya bisa menerima kedua pilihan itu. Kuasa hukum para buruh, Andrey Widijitrisanto, bersama wakil buruh yang mengikuti perundingan dengan manajemen yang difasilitasi Dinas Tenaga Kerja, menyatakan masih mempelajari tawaran itu.

22. Kritik yang tepat terhadap informasi dari artikel di atas adalah ….

a. Saya sependapat dengan pilihan itu, Karena setiap buruh harus mempunyai konsekuensi dalam bekerja, yaitu siap dikirim kemanapun.

b. Saya kurang sependapat dengan kedua pilihan yang sama beratnya itu. lebih baik dikonfirmasikan lagi atau diberi informasi yang lengkap agar para pekerja bisa lebih memahami persoalan perusahaan.

c. Seharusnya perusahaan bisa mengerti keadaan setiap buruh yang belum sepenuhnya bisa menerima kedua pilihan itu.

d. seharusnya buruh yang tidak bisa memilih, segera di pecat saja. Dalam pekerjaan memang sudah kewajiban kita untuk professional.

Kompetensi Dasar 22 : Memberikan persetujuan/dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau elektronik.

Contoh soal :

Semua objek wisata di Pulau Bali harus dijaga agar tetap asri dan tetap terjaga agar wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi Bali. Karena sebagian besar diantara pulau-pulau yang terkenal di Indonesia salah satunya adalah pulau Bali dan defisit Negara juga salah satunya adalah berasal dari pulau Bali.

23. Ungkapan Persetujuan terhadap artikel di atas yang tepat adalah ….

a. Sebaiknya pendapat tersebut harus dikaji lebih mendalam karena kedatangan wisatawan tidak berhubungan dengan keasrian objek wisata di Bali.

b. Saya sependapat bahwa semua objek wisata di Bali harus dijaga agar tetap asri dan terjaga dengan baik. Objek wisata yang asri dan masih terjaga akan menarik wisatawan.

c. Melihat kenyataan saat ini, saya sependapat dengan artikel tersebut, tetapi alangkah baiknya kita memeriksa mana objek wisata yang harus dijaga dan mana objek wisata yang harus dibiarkan.

d. Saya menjadi ragu-ragu dengan adanya upaya untuk menjaga keasrian objek wisata di Bali karena upaya ini bisa saja tidak membuahkan hasil yang baik.

e. Akan lebih baik jika sebelumnya di musnahkan unggas tersebut diperiksa kesehatannya dahulu. Jadi, kita tidak hanya menduga-duga saja.

Standar Kompetensi (SK) 11 : Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai.

Kompetensi Dasar 23 : Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai.

Contoh soal :

Gasifikasi merupakan proses konversi termokimia yang mengubah biomassa menjadi bahan bakar gas dengan panas pembakaran sekitar 20 MJ/kg. sebagai bahan perbandingan, bahan bakar minyak kira-kira bisa menghasilkan panas pembakaran 40 MJ/kg, dan batu bara 32 MJ/kg.

24. Rangkuman paragraf di atas berisi informasi tentang ….

a. Konversi biokimia sebagai pengubah biomassa menjadi bahan baker gas

b. bahan-bahan yang dapat menghasilkan energi, termasuk biomassa

c. perbandingan potensi energi antara biomassa, bahan bakar gas, dan batu

bara

d. besarnya energi yang dibutuhkan untuk membakar biomassa

e. besarnya energi yang dihasilkan oleh minyak dan batu bara.

Kompetensi Dasar 24 : Merangkum seluruh isi informasi dari suatu table dan atau grafik ke dalam beberapa kalimat dengan membaca memindai.

Contoh soal :

Keterangan

Laki-Laki

Perempuan

Jumlah

1. Penduduk Usia Kerja

75,984

76,666

152,650

2. Angkatan Kerja

64,837

35,479

100,316

a. Bekerja

59,909

30,876

90,785

b. Mencari Pekerjaan

4,928

4,603

9,531

3. Bukan Angkatan Kerja

11,147

41,187

52,334

a. Sekolah

6,063

5,668

11,731

b. Mengurus RT

836

31,819

32,654

c. Lainnya

4,258

3,701

7,949

Sumber : BPS, Nakertrans Tahun 2003 (data diolah dalam ribu orang)

25. Rangkuman yang tepat sesuai Informasi menurut table di atas adalah ….

a. Angkatan kerja perempuan yang sudah bekerja lebih banyak daripada laki-laki, dengan perincian 59,909 perempuan dan 30,876 laki-laki. Dari data tersebut terlihat bahwa perbedaan gender masih terasa dalam masalah ketenagakerjaan.

b. Angkatan kerja laki-laki yang sudah bekerja lebih banyak daripada perempuan, dengan perincian 59,909 laki-laki dan 30,876 perempuan. Dari data tersebut terlihat bahwa perbedaan gender masih terasa dalam masalah ketenagakerjaan.

c. Angkatan kerja laki-laki yang sudah bekerja sama banyak dengan perempuan. Dari data tersebut terlihat bahwa perbedaan gender masih terasa dalam masalah ketenagakerjaan.

d. Angkatan kerja laki-laki yang sudah bekerja hampir sama banyak dengan perempuan, dengan perincian 59,909 laki-laki dan 59,800 perempuan. Dari data tersebut terlihat bahwa perbedaan gender masih terasa dalam masalah ketenagakerjaan.

e. Angkatan kerja laki-laki yang tidak bekerja lebih banyak daripada perempuan, dengan perincian 59,909 laki-laki dan 30,876 perempuan. Dari data tersebut terlihat bahwa perbedaan gender masih terasa dalam masalah ketenagakerjaan.

Standar Kompetensi (SK) 12 : Mengungkapkan informasi melalui penulisan paragraf dan teks pidato.

Kompetensi Dasar 25 : Menulis gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif.

Contoh soal :

26. Kalimat dukungan yang tepat untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif adalah ….

a. Kiranya tidak arif apabila tempat wisata yang akan kita kunjungi ditentukan oleh satu pihak saja.

b. Saya kurang setuju, karena sebaiknya kita pergi sendiri-sendiri saja agar tidak mahal menyewa kendaraan besar.

c. Manurut saya, apa yang disampaikan oleh kepala sekolah sangat tepat bahwa untuk memahami budaya Bali kita harus mengadakan kunjungan ke Bali.

d. Saya menjadi ragu-ragu dengan adanya upaya untuk menjaga keasrian objek wisata di Bali karena upaya ini bisa saja tidak membuahkan hasil yang baik.

e. Saya akan mendukung bila pendapat saya yang diterima dalam diskusi ini.

Kompetensi Dasar 26 : Menulis gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan sesuatu dalam bentuk paragraf persuasif.

Contoh soal :

Para petani di Indonesia sering mengalami pasang surut kejayaan. Selain karena bergantung pada hasil panen, penghasilannya juga tergantung pada daya konsumsi masyarakat. Belum lagi musim hama yang merusak habis mata pencaharian mereka. Jadi, marilah kita ikut membantu mereka dengan membeli beras lokal! Jika keuntungan petani meningkat, maka benih dan pupuk yang digunakan juga otomatis lebih bagus. Sehingga beras yang dihasilkan pun mutunya lebih terjamin. Kesejahteraan tidak hanya pada para petani yang menanam, melainkan kita juga ikut menikmati manfaatnya.

27. Kalimat persuasif yang terdapat pada paragraf di atas adalah …..

a. Para petani di Indonesia sering mengalami pasang surut kejayaan.

b. marilah kita ikut membantu mereka dengan membeli beras lokal!

c. Kesejahteraan tidak hanya pada para petani yang menanam, melainkan kita juga ikut menikmati manfaatnya.

d. Jika keuntungan petani meningkat, maka benih dan pupuk yang digunakan juga otomatis lebih bagus. Sehingga beras yang dihasilkan pun mutunya lebih terjamin.

e. Belum lagi musim hama yang merusak habis mata pencaharian mereka.

Kompetensi Dasar 27 : Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat.

Contoh soal :

28. Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang tepat dilakukan setelah ….

a. Menentuka topik wawancara

b. Memilih narasumber

c. Menyusun daftar pertanyaan

d. Mencatat pokok-pokok informasi dari narasumber

e. Menyalin ulang dengan kata-kata singkat padat dan jelas

Kompetensi Dasar 28 : Menyusun teks pidato.

Contoh soal :

29. Bagian pembuka pidato yang tepat adalah ….

a. Dalam kesempatan ini, saya mohon izin agar hadirin memperkenankan saya menyampaikan topik “Pola Hidup Sehat”.

b. Dalam kesempatan ini, semoga para hadirin memperkenankan saya menyampaikan topik “Pola Hidup Sehat”.

c. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, izin dari hadirin sangat saya harapkan untuk menyampaikan topik “Pola Hidup Sehat”

d. Dalam kesempatan yang membahagiakan ini, tolong memperkenankan saya menyampaikan topik “Pola Hidup Sehat”.

e. Dalam kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan topik “Pola Hidup Sehat”

Standar Kompetensi (SK) 13 : Memahami cerita rakyat yang dituturkan.

Kompetensi Dasar 29 : Menemukan hal-hal yang menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman.

Contoh soal :

Keadaan Bali waktu itu sama dengan Medang kemulan. Rakyatnya miskin, bodoh dan senang bertengkar. Mereka tidak bissa bertani dan memasak. Sumber-sumber makanan yang terbatas selalu menjadi bahan sengketa. Mereka berkelahi, bahkan saling membunuh. Setiap hari Dewa Agung memohon kepada dewa-dewa di kayangan agar mau turun ke bumi untuk memperbaiki kehidupan.

30. Hal yang menarik dalam tokoh cerita rakyat tersebut adalah …..

a. latar

b. suasana

c. tokoh cerita

d. amanat

e. gaya bahasa

Kompetensi Dasar 30 : Menjelaskan hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau melalui rekaman.

Contoh soal :

Menurut cerita orang-orang tua di Lampung, pada zaman penjajahan dahulu banyak orang menuntut ilmu sakti di berbagai tempat yang diyakini mempunyai penunggu. Salah satu tempat itu adalah daerah yang disebut Gunung Balak. Daerah itu merupakan hutan. Keadaan alamnya berbukit-bukit. Hanya orang yang berani dan bermental kuat yang dapat pergi ke situ.

31. Hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan adalah ….

a. Salah satu tempat yang diyakini mempunyai penunggu adalah daerah yang disebut Gunung Balak.

b. Keadaan alamnya berbukit-bukit.

c. Daerah Gunung Balak itu merupakan hutan.

d. Hanya orang yang berani dan bermental kuat yang dapat pergi ke situ.

e. banyak orang menuntut ilmu sakti di berbagai tempat yang diyakini mempunyai penunggu.

Standar Kompetensi (SK) 14 : Mengungkapkan pendapat terhadap puisi melalui diskusi.

Kompetensi Dasar 31 : Membahas isi puisi berkenaan dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi.

Contoh soal :

Perempuan-perempuan Perkasa

Karya Hartoyo Andangjaya

Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta

Dari manakah mereka

Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa

Sebelum peluit kereta pagi terjaga

Sebelum hari bermula dalam pesta kerja

32. Penginderaan yang terdapat dalam kutipan puisi di atas adalah ….


a. Pendengaran

b. Perabaan

c. Penglihatan

d. Penciuman

e. Perasaan


Kompetensi Dasar 32 : Menghubungkan isi puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi.

Contoh soal :

Berdiri di puncak karang tinggi

Menatapi huma yang sudah runtuh

Suasana tambah sukar kiranya kini….

33. arti yang tepat dari isi puisi tersebut yang berhubungan dengan realitas alam adalah ….


a. Berdiri di puncak karang tinggi

Memandang ladang yang gersang

Hidup semakin susah

b. Berdiri di puncak karang tinggi

Menatapi rumah yang sudah runtuh

Suasana tambah susah

c. Berdiri di puncak karang tinggi

Menatapi huma yang tak gersang

hidup tambah susah

d. Berdiri di puncak gunung tinggi

Memandang ladang yang gersang

Suasana tambah sukar sekarang


Standar Kompetensi (SK) 15 : Memahami sastra Melayu klasik.

Kompetensi Dasar 33 : Mengidentifikasi karakteristik dan struktur unsur intrinsik sastra Melayu klasik.

Contoh soal :

Telah datang ke Tanjung Bemban maka Baginda pun turun bermain ke pasir. Maka raja perempuan pun turun dengan segala bini orang besar-besar dan orang kaya-kaya bermain di pasir mengambil kerang-kerangan. Maka raja perempuan duduk dibawah pohon pandan dihadap bini segala orang kaya-kaya.

34. Latar yang terdapat pada cerita tersebut adalah ….

a. Tanjung Bemban d. Tengah kapal

b. Tanjung Periuk e. halaman istana

c. Rumah raja perempuan

Kompetensi Dasar 34 : Menemukan nilai-nilai yang terkandung di dalam sastra Melayu klasik.

Contoh soal :

Maka permaisuri Iskandar Syah dan Demang Lebar Daun dirajakan Baginda di Bintan, bergelar tun Telanai. Dan daripada anak cucu dialah bergelar Telanai Bintan itu, dan yang makan di balairung nasinya dan sirihnya sekaliannya bertempan belaka. Hatta negeri Singapura pun besarlah, dan dagang pun banyak datang berkampung terlalu ramai, dan Bandar pun terlalu makmur.

35. Nilai kehidupan yang terdapat dalam kutipan cerita “Sejarah Melayu” tersebut adalah

a. baik-buruk

b. benar-salah

c. bermoral-tidak bermoral

d. adil-zalim

e. rakyat-perkasa

Standar Kompetensi (SK) 16 : Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan orang lain ke dalam cerpen.

Kompetensi Dasar 35 : Menulis karangan berdasarkan diri sendiri dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)

Contoh soal :

Ayah dan aku sering menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlari bersama di alun-alun. Asyik juga berlari bersama ayah. Selain sehat aku bisa menemani ayahku. Biasanya sambil berlari, ayah menceritakan semua pekerjaannya. Aku jadi lebih mengerti mengapa ayahku sering pulang larut malam. Ternyata pekerjaan ayah berat juga, ya.

36. Pengalaman itu menceritakan …..

a. Kebiasaanku berlari-lari

b. aku senang mendengar cerita ayah

c. kebiasaan ayah dan aku saat berlari

d. pekerjaan yang dilakukan ayah

e. kebiasaan ayah pulang kerja

Kompetensi Dasar 36 : Menulis karangan berdasarkan pengalaman orang lain dalam cerpen (pelaku, peristiwa, latar)

Contoh soal :

Waktu sudah menunjukkan pukul 7.30, Wawan harus segera sampai di stasiun. Ia harus ke Jakarta dengan kereta yang berangkat pukul 8.00. setiba di stasiun Wawan segera naik kereta, Wawan pikir keretanya sudah tiba. Tidak berapa lama kereta pun berangkat. Wawan segera meneruskan membaca buku. Tiba-tiba Wawan sadar. Kereta yang Ia tumpangi menuju ke arah yang lain. Wawan bertanya kepada penumpang yang duduk di sebelahnya. Astaga ternyata Wawan salah kereta. Kereta yang Ia naiki menuju Bandung, bukan ke Jakarta. Jadilah Ia menunggu kereta sampai di stasiun berikutnya. Di stasiun itu Wawan turun dari kereta.

37. Pengalaman itu menceritakan ….

a. Wawan yang terlambat bangun

b. Wawan yang ketinggalan kereta

c. Wawan yang salah naik kereta

d. Wawan yang sedang membaca buku.

e. Wawan menunggu di stasiun untuk pergi ke Bandung.

38. Latar pada cerita tersebut adalah ….


a. rumah d. terminal

b. bandara e. sekolah

c. stasiun kereta



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer
 

Lorem

Ipsum

Dolor