Welcome!

we provide some summary of knowledge, especially in the subject matter of socials. enjoying please ;;)

check this site : http://putricaantika.wordpress.com/

My Avogadro class

My Avogadro class

Persebaran Fauna di Dunia

Wednesday, August 24, 2011

Persebaran hewan di muka bumi ini didasarkan oleh faktor fisiografik, klimatik dan biotik yang berbeda antara wilayah yang satu dengan lainnya, sehingga menyebabkan perbedaan jenis hewan di suatu wilayah.

Wilayah persebaran hewan pertama kali diperkenalkan oleh Sclater (1858), selanjutnya dikembangkan oleh Huxley (1868). Namun pada tahun 1876 Alfred Russel Wallace membagi wilayah persebaran fauna atas 8 wilayah yaitu:

1. Wilayah Neartik

Wilayah persebarannya meliputi kawasan Amerika Serikat, Amerika Utara, dan Greenland.

Pada wilayah persebaran ini terdapat beberapa bioma yang mendominasi kawasannya, antara lain:

  1. Amerika Utara bagian timur banyak ditumbuhi oleh vegetasi hutan gugur.
  2. Amerika Utara bagian tengah terdiri atas bioma padang rumput
  3. Amerika Utara bagian utara didominasi oleh bioma taiga yang memiliki hutan konifer yang sangat luas.
  4. Lingkungan fisik wilayah Greenland tertutup oleh salju dengan ketebalan yang sulit ditentukan

Hewan khas daerah ini adalah ayam kalkun liar, tikus berkantung di Gurun Pasifik Timur, bison, musk-ox, karibau, domba gunung, antelop bertanduk cabang tiga, burung biru, salamander, dan prairie dog (sejenis tupai dari Amerika Utara). Di daerah ini juga terdapat beberapa jenis hewan yang ada di wilayah Palearktik, seperti: kelinci, kelelawar, anjing, kucing, dan bajing.


Burung biru


Salamander Pseudotriton - hidup di rerumputan

2. Wilayah Neotropik

Wilayah persebarannya meliputi Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko bagian selatan. Iklim di wilayah ini sebagian besar beriklim tropik dan bagian Selatan beriklim sedang. Hewan endemiknya adalah ikan Piranha dan Belut listrik di Sungai Amazone, Lama (sejenis unta) di padang pasir, siamang, menjangan, armadillo, alpaca, Atacama (Peru), tapir, dan kera hidung merah. Wilayah Neotropikal sangat terkenal sebagai wilayah fauna Vertebrata karena jenisnya yang sangat beranekaragam dan spesifik, seperti beberapa spesies monyet, trenggiling, beberapa jenis reptil seperti buaya, ular, kadal, beberapa spesies burung, dan ada sejenis kelelawar penghisap darah.

Armadillo

3. Wilayah Australian

Wilayah ini mencakup kawasan Australia, Selandia Baru, Irian(Papua), Maluku, dan pulau-pulau sekitarnya. Sebagian besar kondisi lingkungannya beriklim tropis dan sebagian lagi beriklim sedang. Beberapa hewan khas wilayah ini adalah kanguru, kiwi, koala, cocor bebek (sejenis mamalia bertelur). Terdapat beberapa jenis burung yang khas di wilayah ini seperti burung cendrawasih, burung kasuari, burung kakaktua, dan betet. Kelompok reptil antara lain buaya, kura-kura, ular piton.

4. Wilayah Oriental

Fauna di wilayah ini tersebar di kawasan Asia terutama Asia Selatan dan Asia tenggara, seperti Srilangka dan Filipina. Fauna Indonesia yang masuk wilayah ini hanya di Indonesia bagian Barat, yaitu Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Sulawesi. Kondisi lingkungan fisik di daerah ini sebagian besar beriklim tropis, sehingga banyak hutan hujan tropis yang kaya akan flora dan fauna. Hewan yang khas wilayah ini adalah harimau, tapir, orang utan, gibbon, rusa, banteng, dan badak bercula satu. Hewan lainnya adalah badak bercula dua, gajah, beruang, antilop berbagai jenis reptil, dan ikan.

Adanya jenis hewan yang hampir sama dengan wilayah Ethiopian antara lain kucing, anjing, monyet, gajah, badak, dan harimau, menunjukkan bahwa Asia Selatan dan Asia Tenggara pernah menjadi satu daratan dengan Afrika.

5. Wilayah Paleartik

Wilayah persebarannya sangat luas meliputi hampir seluruh daratan Eurasia (Benua Eropa), Uni Soviet, daerah dekat Kutub Utara sampai Pegunungan Himalaya, Kepulauan Inggris di Eropa Barat sampai Jepang, Selat Bering di pantai Pasifik, dan benua Afrika paling Utara.

Kondisi lingkungan wilayah ini bervariasi, baik perbedaan suhu, curah hujan maupun kondisi permukaan tanahnya, menyebabkan jenis faunanya juga bervariasi. Hewan di wilayah ini biasanya berbulu tebal (Sesuai dengan kondisi daerah masing-masing) dan biasanya terdiri dari satu genus, misalnya:Panda dan beruang.

Beberapa jenis fauna Paleartik yang tetap bertahan di lingkungan aslinya yaitu Panda di Cina, unta di Afrika Utara, binatang kutub seperti rusa Kutub, kucing Kutub, dan beruang Kutub. Binatang-binatang yang berasal dari wilayah ini antara lain kelinci, sejenis tikus, berbagai spesies anjing, kelelawar, Bajing, dan kijang yang telah menyebar ke wilayah lainnya.


Beruang Panda - hewan endemik wilayah Paleartik

yang hanya ada di Cina

6. Wilayah Etiopian

Wilayah persebarannya meliputi seluruh daratan Benua Afrika, dari sebelah Selatan Gurun Sahara (padang pasir terluas di dunia yang menjadi barier atau pembatas antara wilayah Ethipian dengan wilayah Paleartik), Madagaskar dan Selatan Saudi Arabia.

Wilayah Ethiopian memiliki kurang lebih 160 vertebrata darat, dan memiliki beberapa fauna khas.

  1. Fauna khas di wilayah daratan Afrika misalnya gajah, singa, cheetah, hyena, jerapah, zebra, unta dan badak afrika
  2. Fauna yang mirip dengan daerah Oriental adalah jenis kucing dan anjing, lemur, baboon, gorila dan simpanse.
  3. Fauna khas pulau Madagaskar misalnya kudanil (Kuda Nil hanya terdapat di Sungai Nil, Mesir. Namun di Madagaskar juga terdapat kuda Nil namun lebih kecil) dan beberapa burung endemik seperti burung gajah besar.

Menurut sejarah, pulau Madagaskar pernah bersatu dengan Afrika. Wilayah Ethiopian juga memiliki hewan yang hampir sama dengan di wilayah Oriental seperti: golongan kucing, bajing, tikus, babi hutan, kelelawar, babon dan anjing.

7. Wilayah Oceanik

Fauna di wilayah ini tersebar di kawasan kepulauan di Samudra Pasifik. Wilayah ini merupakan pengembangan dari wilayah Australian daratan, dengan spesifikasi fauna tertentu. Oleh karena itu jenis faunanya hampir sama dengan wilayah Australian.

8. Wilayah Antartik

Seperti namanya maka wilayahnya mencakup kawasan di kutub Selatan. Jenis fauna yang hidup di daerah ini memiliki bulu lebat dan mampu menahan dingin, misalnya rusa kutub, burung pingguin, anjing laut, kelinci kutub, dan beruang kutub.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 comments:

Post a Comment

 

Lorem

Ipsum

Dolor